Tugas Ilmu Sosial Dasar

 Nama : Adian Ali Pratama

 Kelas : 1KA27

 NPM : 10120026

Jurusan : SISTEM INFORMASI

Pengertian,tujuan,pebedaan,persamaan ISD dan IPS

·         Pengertian ISD

Ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang timbul dan berkembang yang terjadi pada masyarakat, dengan mengunakan pengertian-pengertian ( fakta, konsep, teori ) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan dalam ilmu sosial, misalnya seperti: Geografi sosial, Sosiologi, Antropologi, Ekonomi, Sejarah dan Psikologi sosial.

ISD juga merupakan suatu usaha yang dapat memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat di tingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosial nya menjadi lebih besar.

·         Tujuan ISD

Ilmu sosial dasar (ISD) sebagai salah satu program dasar umum bertujuan sebagai:

1.     Kesadaran bahwa setiap masalah sosial yang terjadi dalam suatu masyarakat selalu kompleks

2.     Peka terhadap masalah sosial dan bersedia berpartisipasi dalam upaya untuk mengatasinya

3.     Memahami realitas sosial dan masalah dalam masyarakat

·         Pengertian IPS

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan meliputi aspek-aspek ilmu sejarah, ilmu okonomi, ilmu politik, sosiologi, antropologi, psikologi, ilmu geografi dan filsafat.

·         Tujuan IPS

1.     Memberikan pengetahuan untuk menjadikan siswa sebagai warga negara yang baik, sadar sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sadar akan hak dan kewajiban sebagai warga bangsa, bersifat demokratis dan bertanggung jawab.

2.     Mengembangkan kecerdasan, kebiasaan dan ketrampilan sosial.

3.     Mengembangkan kemampuan berpikir kritis untuk dapat memahami, mengidentifikasikan, menganalisis, dan memiliki ketrampilan sosial untuk ikut berpartisipasi dalam memecahkan masalah masalah

Tiga kelompok Ilmu Pengetahuan.

Secara umum Ilmu pengetahuan dibagi menjadi tiga, Yaitu:

1.     Ilmu Pengetahuan Alam

Ilmu Pengetahuan Alam adalah istilah yang merujuk pada rumpun ilmu dimana objeknya adalah benda-benda alam dengan hukum hukum yang pasti dan umum.

2.     Ilmu Pengetahuan Sosial

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanakan untuk tujuan pendidikan meliputi aspek-aspek ilmu sejarah, ilmu okonomi, ilmu politik, sosiologi, antropologi, psikologi, ilmu geografi dan filsafat.

3.     Ilmu Pengetahuan Budaya/Ilmu Humaniora

Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu yang mempelajari cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

 

·         Persamaan ISD dan IPS

1.     Keduanya merupakan bahan studi untuk pedidikan.

2.     Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdidri sendiri.

3.     keduanya mempunyai pembahasan yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

 

·         Perbedaan ISD dan IPS

  1. .   ISD diberikan di perguruan tinggi saja sedangkan IPS diberikan dari SD hingga jenjang SMA
  2. .   ISD salah satu mata kuliah tunggal sedangkan IPS terdiri sejumlah mata pelajaran lanjutan.
  3.     ISD diarahkan untuk pembentukan sikap sedangkan IPS diarahkan untuk pembentukan keterampilan.

 

·         Ruang lingkup ISD

Bahan pelajaran ilmu sosial dasar dibagi menjadi tiga, Yaitu:

  1. .  Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
  2. . Kenyataan-kenyataan sosial tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu-ilmu sosial, karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya. Dalam Ilmu Sosial Dasar kita menggunakan pendekatan interdisiplin/multidisiplin.
  3. . Konsep - konsep sosial dibatasi pada Konsep Dasar atau Elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah - masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.


 

 

Komentar